Hidup Sehat dengan Cara Alami

Saturday, May 7, 2016

Cara Membuat Masker Pepaya untuk Wajah dan Rambut


Advertisement

Pepaya merupakan tanaman berbuah yang banyak sekali terdapat di setiap pelosok Indonesia. Bahkan di pedesaan hampir di setiap rumah Anda akan menemukan pohon pepaya. Baik itu yang sengaja ditanam maupun yang tumbuh liar di kebun dan semak.

Bagian yang biasa dimanfaatkan dari pohon pepaya selain buahnya adalah daun dan bunganya yang sering dijadikan sayur. Namun, bagian getah, dan bijinya juga turut dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Dalam dunia kecantikan, buah pepaya digunakan untuk perawatan rambut dan wajah. Ada juga yang memanfaatkannya untuk mengencangkan payudara.

Cara Membuat Masker Pepaya
Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas bagaimana cara membuat masker pepaya untuk berbagai keperluan. Dari mulai sebagai masker rambut alami, masker wajah, hingga masker khusus untuk mengatasi jerawat.

Masker Pepaya untuk Rambut

Manfaat pepaya untuk rambut diantaranya: melebatkan dan menguatkan rambut, mencegah kebotakan, mengatasi kerontokan rambut, membasmi ketombe, membersihkan rambut, sebagai kondisioner serta membuat rambut lebih sehat dan bercahaya.

Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat masker pepaya:
  • 1 cangkir buah pepaya matang, potong dadu
  • 1 cangkir buah pisang matang, potong dadu
  • 1 sdm molase
  • 1 sdm minyak kelapa murni
  • 1 cangkir yogurt

Cara membuat masker pepaya: Semua bahan diblender hingga benar-benar halus dan tercampur rata. Basahi dulu rambut Anda lalu terapkan adonan tersebut secara merata pada rambut. Jika memungkinkan, tutup rambut dengan handuk hangat dan biarkan selama 30 menit - 1 jam. Setelah itu, keramas seperti biasa menggunakan shampo. Gunakan condisioner pada ujung rambut lalu bilas dengan air bersih.

Cara lainnya adalah menggunakan campuran dari buah pepaya, madu, susu dan yogurt. Semua bahan diblender jadi satu sampai benar-benar halus. Terapkan ramuan tersebut secara merata pada batang hingga ujung rambut. Tidak perlu sampai ke kulit kepala. Diamkan selama 15-20 menit, setelah itu keramas seperti biasa menggunakan shampo.

Anda juga bisa menambahkan sari jeruk lemon pada adonan pepaya untuk menghilangkan ketombe dan gatal pada kulit kepala. Lebih lengkap mengenai bahan dan cara membuatnya, simak ulasan di bawah ini.

Bahan:
  • 1 buah pepaya
  • 1 sendok teh sari lemon segar
  • 1 sendok teh sari jeruk
  • 2 sendok makan madu organik hangat

Cara membuat dan aplikasinya:
  1. Campur semua bahan, lalu haluskan dengan menggunakan blender.
  2. Ratakan masker pepaya pada rambut Anda dan diamkan selama 20 menit.
  3. Basuh dan bersihkan masker dengan air hangat.
  4. Untuk rambut, bilas bersih rambut, gunakan sampo jika perlu.

Masker Pepaya untuk Wajah

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut, masker pepaya juga berkhasiat untuk kulit wajah. Diantaranya mengencangkan, menghaluskan, melembabkan dan meregenerasi sel-sel kulit mati. Enzim papain yang terdapat pada pepaya berkhasiat mencerahkan kulit sehingga nampak bercahaya. Berikut ini resep cara membuat masker buah pepaya untuk wajah.

Membuat masker pepaya untuk wajah sebenarnya sama saja dengan membuat masker untuk rambut. Hanya saja untuk masker wajah, Anda harus memastikan bahwa pepaya diblender dengan halus, benar-benar halus.

Ambil buah pepaya yang sudah matang, kupas kulitnya, buang bijinya dan dagingnya dipotong-potong dadu. Masukkan dalam blender dan gigling hingga halus. Jika masih ada bagian yang masih kasar, masukkan kembali dan blender hingga halus. Anda bisa langsung menerapkan jus pepaya tersebut ke wajah secara merata. Namun jangan sampai terkena mata.

Untuk melembutkan kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah (flek hitam), Anda bisa menambahkan madu ke dalam adonan lalu campur hingga rata. Sementara jika anda mengalami masalah kulit kusam, bisa ditambahkan perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon agar kulit wajah terlihat lebih segar.

Untuk meningkatkan sirkulasi darah dan kandungan zat dalam pepaya meresap ke dalam kulit, lakukan pemijatan secara halus. Biarkan selama 15-20 menit agar nutrisi terserap sempurna. Setelah masker kering, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang lembut. Ingat jangan menggosok wajah apalagi menggunakan bahan yang kasar.

Masker Pepaya untuk Wajah Berjerawat

Menghilangkan jerawat di wajah memang susah-susah gampang. Ketika sudah dihilangkan pun, adakalanya jerawat muncul lagi dan meninggalkan bekas yang lebih sulit lagi untuk dihilangkan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena dengan masker pepaya, anda bisa menghilangkan jerawat di wajah sekaligus menyamarkan noda hitam, flek, dan bekas jerawat secara alami.

Kemampuan buah pepaya dalam mengobati jerawat berasal dari sifat alaminya yang dapat membersihkan daging. Buah pepaya yang sudah matang juga efektif mengangkat sel-sel kulit mati, membuat kulit lebih segar dan membersihkan pori-pori dari kotoran dan sisa-sisa make-up sehingga mencegah jerawat datang lagi.

Pepaya juga berguna untuk menyerap kelebihan minyak pada kulit yang berpotensi menjadi jerawat jika bercampur dengan bakteri dan kotoran. Sementara enzim papain yang terkandung di dalamnya mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Aplikasinya terhadap kulit bisa dilakukan dengan cara membuat masker pepaya. Caranya sebagai berikut :
  1. Ambil daging buah pepaya yang sudah matang kemudian diblender hingga halus.
  2. Campurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan madu secukupnya, aduk rata.
  3. Oleskan masker pepaya yang sudah dicampur dengan madu tersebut pada bagian kulit wajah yang berjerawat. Mulai dari muka, hingga leher.
  4. Diamkan selama sekitar 20 menit, kemudian dibilas dengan air hangat dan dikeringkan dengan handuk lembut.

Daging buah pepaya yang sudah matang memiliki kemampuan untuk membersihkan jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Masker Pepaya untuk Mengencangkan Payudara

Ada banyak faktor yang menyebabkan payudara wanita menjadi kendur dan turun. Diantaranya kebiasaan yang tidak baik seperti posisi tidur yang tidak tepat, gizi yang kurang, melahirkan dan polusi dari asap rokok. Banyak wanita yang rela mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan payudara agar terlihat lebih indah. Namun, sebenarnya masih ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mengembalikan bentuk dan posisi payudara seperti semula. Salah satunya menggunakan masker dari buah pepaya.

Pepaya mengandung vitamin C sangat tinggi sehingga baik untuk peremajaan kulit. Selain itu beberapa enzim dalam pepaya dapat merangsang hormon dan kelenjar susu sehingga payudara menjadi lebih kecang.

Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama menggunakan buah pepaya yang masih muda. Ambil pepaya muda, buang kulit dan bijinya, kemudian daging buahnya diblende dan dibuat jus. Minumlah jus pepaya tersebut secara rutin. Jika anda tidak suka dengan rasanya, Anda bisa menggunakan metode kedua.

Metode kedua dengan menggunakan buah pepaya yang sudah matang sebagai masker. Caranya sama, yaitu dengan meblender buah pepaya untuk dibuat jus. Namun kali ini tidak untuk diminum melainkan dioleskan pada payudara sebagai masker. Terserah cara mana yang akan Anda pilih.

Oke, dengan demikian artikel mengenai manfaat dan cara membuat masker pepaya saya cukupkan sampai disini. Lihat juga artikel mengenai cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah dan cara membuat masker lidah buaya. Selamat mencoba.
Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Masker Pepaya untuk Wajah dan Rambut