Hidup Sehat dengan Cara Alami

Sunday, May 1, 2016

Cara Mengobati Panu Di Kulit


Advertisement

Panu adalah penyakit kulit yang timbul akibat infeksi virus Pityrosporum Ovale. Adanya panu dibagian kulit membuat kita menjadi sibuk memikirkan penampilan, terlebih jika panu tersebut berada di bagian kulit yang tampak jelas oleh mata seperti di lengan ataupun betis. Bercak-bercak yang dominan berwarna putih ini terkadang juga berwarna coklat ataupun merah. Jika sedang bercucuran keringat biasanya panu ini akan terasa sangat gatal dan jika terlalu sering kita garuk bisa menyebarkan virus pemicunya sehingga panu ini akan menjalar ke bagian kulit tubuh lainnya. Yang paling mengerikan dari penyakit panu adalah menular pada kulit orang lain.

Gejala Timbulnya Panu Pada Kulit


Panu bukanlah penyakit yang berbahaya dan gejala penyakit ini pun tidak membuat seseorang menderita kesakitan. Namun tetap saja yang namanya penyakit harus kita kenali dulu apa gejalanya agar nantinya bisa kita cegah sebelum virus yang memancing penyakit ini akhirnya menjangkiti kita. Oleh sebab itu pertama-tama saya ingin memberitahu Anda gejala timbulnya panu pada kulit.

Penyakit panu biasa dikenali dengan gejala bercak-bercak keputihan pada kulit disertai rasa gatal. Namun ada yang membuat seseorang terkecoh, yaitu keberadaan panu pada orang yang memiliki pigmen kulit putih biasanya menimbulkan gejala bercak-bercak dengan warna kemerahan. Untuk orang yang berkulit gelap maka gejala awalnya tetap putih warna bercaknya.

Penyebab Panu


Yang namanya masalah tentu ada penyebabnya, sama seperti penyakit panu. Timbulnya panu sudah saya jelaskan tadi, yaitu dipicu oleh virus Pityrosporum ovale atau sekarang ini lebih familiar dengan jamur Malassezia furfur. Tumbuh kembangnya virus ini adalah pada folikel rambut dan keratin kulit pada saat masa puber dan setelahnya.

Bagi orang yang sudah menerapkan gaya hidup sehat tiap harinya pasti membuat daya tahan tubuh menjadi kuat dan virus yang menyebabkan penyakit panu ini tidak akan mampu untuk menimbulkan bercak-bercak keputihan tetapi hanya bisa bertahan hidup saja.

Penyebab lain timbulnya panu pada kulit adalah kulit yang tak nyaman jika berada di tempat yang suhunya panas dan lembab. Pada tempat dengan kondisi suhu seperti inilah yang membuat jamur lebih cepat untuk berkembang biak sehingga memicu timbulnya panu pada kulit.

Jika Anda sadar telah terbiasa melakukan sesuatu yang hal tersebut bisa menyebabkan timbulnya panu pada kulit maka jauhilah kebiasaan buruk tersebut sedari kini.

Cara Mengobati Panu


Mau tidak mau untuk mengembalikan rasa percaya diri dan aura kecantikan Anda dari luar maka dibutuhkan tindak lebih lanjut untuk mengusir panu ini yaitu mengobatinya. Lantas, bagaimaana cara mengobati panu yang baik dan sudah terbukti ampuh untuk membasmi panu sampai ke akar-akarnya?

Lengkuas

Rempah-rempah yang biasa dijadikan bumbu dapur ini bisa Anda petik manfaatnya untuk mengobati panu. Caranya dengan menumbuk beberapa lengkuas yang sudah dibersihkan dan kupas kulitnya, jangan lupa campurkan minyak tanah. Setelah itu oleskan racikan obat penghilang panu alami ini pada kulit yang di tempeli oleh panu, sebelumnya Anda harus memastikan bahwa kulit benar-benar kering. Anda bisa melakukan pengobatan ini pada pagi hari sehabis mandi dan menjelang tidur malam.

Bawang Putih

Tentu kita sudah tidak asing dengan bumbu dapur yang satu ini. Sama seperti lengkuas, bawang putih juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi panu. Caranya juga tak merepotkan, cukup dengan memotong 1 siung bawang putih menjadi 2 bagian. Setelah itu, oleskan satu demi satu bagian bawang putih ini pada area kulit yang terkena panu. Sebelum mengoleskan pastikan terdapat getah yang keluar dari tiap bagian bawang putih yang telah dipotong. Lakukan pengobatan ini secara teratur pada pagi hari sehabis mandi dan ingin menjelang tidur malam.

Kedua bahan diatas adalah bahan alami yang paling banyak digunakan oleh masyarakat pedesaan untuk mengobati panu. Zaman dahulu, para tabib kerajaan juga sering meracik ramuan dari bahan tersebut untuk mengobati para dayang yang diserang panu. Jadi, jika ingin mengembalikan kecantikan Anda disaat terkena panu, segera atasi dengan cara mengobati panu ini. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengobati Panu Di Kulit