Hidup Sehat dengan Cara Alami

Monday, October 26, 2015

Cara Menjaga Kesehatan Hati


Advertisement

Hati merupakan salah satu dari sekian banyaknya organ vital dalam tubuh dengan peran yang sangat penting untuk melengkapi kinerja organ lain dalam meneruskan kelangsungan hidup setiap orang. Hati diberikan oleh Tuhan untuk kita jaga baik-baik, jangan sampai Anda menyia-nyiakan pemberian gratis dari Tuhan ini. Jika hati mengalami kerusakan maka fungsinya pun tidak akan bekerja sebagaimana mestinya, berbagai gangguan penyakit akan mudah menjangkiti Anda.

Oleh karena itu apabila Anda ingin membuat hati tetap sehat maka harus melakukan beragai tindakan perawatan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan hati. Bagaimana caranya? Anda tak perlu bingung untuk melakukan apa karena berikut ini saya akan menjelaskan kegiatan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk memelihara kesehatan hati.

Cara Menjaga Kesehatan Hati Agar Berfungsi Normal


Menjaga Kesehatan Hati
Sebagai organ kelenjar terbesar dalam tubuh membuat kita mau tidak mau harus merawatnya bukan? Sesuai dengan janji saya tadi, berikut ini beberapa tips merawat hati dari berbagai penyakit seperti yang dilansir oleh fitnea.com.

1. Minum Air Lemon

Hati adalah organ tubuh dengan fungsi utama membasmi racun yang menyebar dalam tubuh Anda melalui makanan yang Anda konsumsi. Untuk membanti proses detoksifasi hati Anda bisa dengan membuat minuman yang berasal dari air putih dan air perasan lemon. Cara membuatnya adalah mencampur air perasan lemon kedalam air putih lalu diminum secara rutin tiap hari. Kandungan asam sitrat dalam lemon membantu kinerja empedu dalam mengeluarkan racun dari tubuh.

2. Konsumsi Sayuran

Beberapa sayuran ada yang tepat untuk menjaga kesehatan hati. Sayuran yang dimaksud adalah bawang dan brokoli yang keduanya sama-sama menyimpan belerang dalam porsi lebih yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendorong kemampuan hati dalam mendetoksifikasi racun.

3. Pijat

Memang nikmat jika sedang lelah akibat ngantor seharian terus kita mampir sejenak ke tempat pijat refleksi untuk merileksasikan urat-urat yang tegang akibat aktivitas fisik kita seharian. Sama seperti hati, pijatan yang lmbuat di area dekat hati dan kantung empedu berguna untuk membantu proses peraliran atau sirkulasi darah ke hati. Hasilnya yaitu kinerja atau fungsi hati akan lebih optimal dalam bekerja.

4. Stop konsumsi alkohol

Jika Anda tipe orang yang suka menenangkan pikiran dengan cara bergaul didalam bar boleh-boleh saja karena ini hak Anda dan risiko juga Anda yang menanggung. Tapi disini saya hanya ingin mengingatkan bahwasanya didalam bar itu tentu orang-orang akan sering disuguhi dengan minuman yang mengandung alkohol dengan kadar tinggi dan hal ini yang akan membuat Anda terjebur ke jurang tanpa disadari. Alkohol yang Anda konsumsi akan berubah senyawa yang terdiri dari partikel racun yang lebih banyak sehingga hati akan bekerja untuk menyaring dan mengeluarkan racun dari tubuh lebih keras, jika terus-menerus dibiarkan maka fungsi hatipun akan melemah. Oleh sebab itu batas alkohol atau kalau bisa hentikan.

5. Suplemen untuk hati harus rutin dikonsumsi

Penuhi kebutuhan mineral penting untuk membantu hati dalam mendetoksifikasi racun dalam tubuh seperti magnesium, kalsium, kalium, sodium, besi, seng, selenium, tembaga, dan mangan.

Itulah beberapa tips merawat hati agar tetap sehat melalui pilihan menjalankan pola hidup sehat. Untuk menambah wawasan Anda ketahui juga apa saja makanan yang baik untuk kesehatan hati? Berikut ini daftarnya.

Makanan Yang Menyehatkan Hati


Seperti yang dilansir dari laman Huff Post berikut ini pilihan makanan yang dapat menjaga kesehatan hati Anda.

1. Bawang Putih

Enzim dalam hati dapat diaktifkan oleh bawang putih sehingga membuat hati lebih efisien dalam proses penyaringan racun.

2. Buah Anggur

Nikmat, manis, dan segar. Buah anggur yang tak jarang dijadikan sebagai jus ini juga mampu menghalau karsinogen dan racun dengan cara membantu fungsi hati untuk melakukan proses kimiawi tersebut.

3. Teh Hijau

Green tea disebut-sebut sebagai tumbuhan yang kaya akan manfaat, ya itu benar! Untuk hati teh hijau mampu meningkatkan fungsi hati dengan bantuan zat katekin yang dikandungnya.

Menjaga kesehatan hati dan organ tubuh lainnya adalah hal yang wajib kita lakukan, sebab kita hanya bisa mensyukuri nikmat yang Tuhan berikat dan harus merawatnya baik-baik sebab Tuhan hanya memberikan kita masing-masing satu hati. Jika tidak dijaga dan nantinya rusak, apa ada orang atau toko yang menjual hati? Tentu mengerikan sekali jika ada. Oleh sebab itu, mulailah gaya hidup berkualitas dengan cara menjaga kesehatan hati ini.

Baca juga artikel mengenai cara menjaga kesehatan jantung dan cara menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menjaga Kesehatan Hati