Hidup Sehat dengan Cara Alami

Friday, August 14, 2015

Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)


Advertisement

Susah tidur atau dikenal dengan istilah insomnia merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh orang-orang pada zaman modern dengan segudang aktifitas yang kadang membuat stres. Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami susah tidur.

Menurut laman all womens talk, setidaknya ada 8 penyebab kenapa seseorang sulit tertidur di malam hari.

  1. Berolahraga sebelum tidur
  2. Terlalu banyak tidur siang
  3. Perasaan khawatir, cemas
  4. Minuman beralkohol
  5. Minuman berkafein
  6. Kamar terlalu terang
  7. Konsumsi protein sebelum tidur
  8. Kamar tidur yang berantakan

Sementara itu, situs Vemale.com menambah beberapa faktor antara lain faktor hormonal, problem kesehatan dan pengaruh usia juga dapat menyebabkkan seseorang sulit tidur.

Tidur yang berkualitas baik untuk kesehatan
Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi susah tidur alias insomnia ini? Simak ulasannya di bawah ini:

Pola tidur. Menuru psikolog Colleen Carney, pola tidur yang tidak teratur menjadi penyebab utama gejala insomnia. Jadi untuk medapatkan tidur yang berkualitas kita harus memulai dengan pola tidur yang konsisten. Tidur 8 jam sehari dan tidak lewat tengah malam.

Pencahayaan. Kondisi cahaya yang terlalu terang di kamar tidur dapat menyebabkan anda mengalami kesulitan tidur. Hal ini karena mata anda merespon cahaya lampu bahkan ketika sudah tertidur sekalipun.

Suhu kamar. Suhu ruangan tempat Anda tidur juga perlu diperhatikan. Jangan terlalu dingin dan jangan terlalu panas. Buat suhu kamar tidur Anda senyaman mungkin.

Relaksasi. Stres, kecemasan dan kelelahan merupakan faktor penyebab susah tidur. Mulailah dengan latihan relaksasi seperti mengatur pernafasan yang membuat Anda rileks dan membuang hal-hal negatif. Mendengarkan musik dan menghirup aromatherapi juga dapat membantu Anda tidur lebih cepat.

Membaca buku. Hindari aktifitas menonton televisi, menggunakan komputer dan handphone karena kegiatan tersebut dapat menyebabkan sulit tertidur. Ganti kebiasaan tersebut dengan membaca buku di malam hari sebelum Anda tidur.

Rapikan kamar tidur. Kamar tidur yang berantakan dapat menyebabkan kita tidak merasa nyaman berada di kamar. Akibatnya Anda akan kesulitan untuk tidur. Rapikan kamar tidur anda dan buang barang-barang yang membuat kamar tidur terasa sesak.

Selain itu gunakan kamar tidur hanya untuk tidur, bukan untuk kegiatan lain. Hal ini untuk membiasakan tubuh dan pikiran anda, bahwa ketika anda sudah masuk ke kamar tidur, maka tujuannya adalah untuk tidur.
Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)