Hidup Sehat dengan Cara Alami

Wednesday, August 5, 2015

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami


Advertisement

Salah satu penyebab dari sakit tenggorokan adalah munculnya peradangan di daerah tenggorokan. Orang-orang menyebutnya sebagai radang tenggorokan. Tempatnya berada di pangkal tenggorokan, biasanya jika disorot menggunakan baterei akan terlihat peradangan dan warna kemerahan dan ditandai dengan rasa gatal dan sakit ketika menelan makanan.

Peradangan tersebut bisa terjadi karena adanya luka atau bakteri yang berkembang biak. Tidak jarang penyakit radang tenggorokan ini disertai dengan penyakit lain, misalnya panas dalam, sariawan, batuk, dan flu atau pilek.
Sakit Tenggorokan
Gambar wanita yang sedang mengalami sakit tenggorokan
Untuk mengatasi sakit pada tenggorokan sebenarnya cukup mudah. Karena banyak bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengobatinya. Dan berikut ini akan kami jelaskan beberapa obat tradisional untuk menghilangkan sakit tenggorokan.

1. Jahe, Madu, Lemon

Jahe dapat meringkankan rasa gatal, lemon mampu mengatasi peradangan, sementara madu bersifat antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Kombinasi ketiganya mampu mengatasi radang tenggorokan sampai tuntas. Campurkan bubuk jahe dengan madu dan air perasan jeruk lemon dalam setengah cangkir air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

2. Kunyit

Banyak orang tua menyarankan anaknya untuk mengunyah kunyit ketika terserang penyakit radang tenggorokan. Hal ini bukan tanpa alasan, karena ternyata kunyit memang mampu menyembuhkan sakit tenggorokan. Cara yang lebih efektif, larutkan 1/2 sendok teh bujbuk kunyit dalam 1 cangkir air panas, tambahkan garam secukupnya aduk rata. Minum larutan tersebut.

3. Tanaman Pecut Kuda

Sediakan 50 g herba pecut kuda segar, 2 buah kencur ukuran sedang, 2 siung bawang putih. Cuci bahan-bahan tersebut, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1/2 cangkir air gula sambil diaduk rata, lalu peras dan saring. Selanjutnya, minum air yang terkumpul, lakukan secara rutin 3 kali sehari selama 3-5 hari. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

4. Bandotan

Kita bisa menggunakan herba bandotan baik yang segar maupun kering. Cuci 30-60 g daun bandotan segar sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya, peras dan saring. Tambahkan larutan gula batu ke dalam air perasan secukupnya dan aduk sampai rata. Minum ramuan dan lakukan tiga kali sehari.

Menggunakan herba kering: Cuci daun bandotan secukupnya, lalu jemur sampai kering. Selanjutnya, giling sampai menjadi serbuk. Tiupkan serbuk ke dalam tenggorokan penderita.

5. Kembang Turi

Bagi yang tidak tahu seperti apa kembang turi, silahkan lihat disini. Untuk mengatasi radang tenggorokan, ambil segenggam daun turi merah direbus dengan air bersih secukupnya. Setelah dingin disaring, airnya dipakai untuk kumur-kumur. Lakukan kumur-kumur sebanyak 4 kali sehari.

Selain bahan-bahan alami tersebut, masih banyak lagi yang bisa kita gunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Misalnya cuka apel, pulai pandak, cengkeh, kayu manis dan sebagainya.
Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami