Hidup Sehat dengan Cara Alami

Monday, July 27, 2015

Cara Mengobati Sakit Maag Secara Tradisional


Advertisement

Penyakit maag disebut juga sebagai radang lambung atau tukak lambung. Jadi, sakit maag merupakan rasa perih dan kembung pada lambung akibat dari adanya peradangan, luka, serta naiknya produksi asam lambung.

Secara garis besar, penyakit maag dibagia dua, yaitu penyakit maag akut dan maag kronis. Penyakit maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya. Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.
Sakit Maag

Cara Mengobati Penyakit Maag


Penyakit maag ini bisa diobati dengan cara alami. Dan berikut ini bahan-bahan alami untuk mengatasi sakit maag yang bisa Anda temukan dengan mudah.

Daun Jambu Biji

Selain dapat digunakan untuk mengobati sakit perut dan sariawan, daun jambu biji juga berkhasiat dalam mengatasi sakit maag. Caranya, sediakan 8 lembar daun jambu biji yang masih segar, kemudian dicuci bersih. Rebus dengan 1,5 liter air bersih hingga mendidih. Setelah dingin, airnya disaring dan ramuan tersebut diminum secara rutin 3 kali sehari. Pagi, siang dan malam hari sebelum tidur.

Temulawak

Tak bisa dipungkiri, temulawak memang tanaman berkhasiat yang hampir selalu ada dalam ramuan tradisional terutama pembuatan jamu. Namun kali ini kita akan menggunakan temulawak untuk mengobati sakit maag. Caranya, 1 rimpang temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan sebentar, kemudian direbus dengan 5-7 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, saring airnya dan diminum 1 kali sehari 1 gelas.

Daun Salam

Daun salam biasanya digunakan untuk penyedap masakan seperti pindang gunung, pepes, tumis-tumisan dan masakan lainnya. Namun selain dijadikan bumbu masak, daun salam juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit maag. Caranya, rebus 15-20 lembar daun salam dengan setengah liter air hingga mendidih. Tambahkan gula batu secukupnya supaya rasanya sedikit enak. Minum setiap hari sampai rasa penuh dan perih di lambung hilang.

Daun Keji Beling

Keji beling biasanya digunakan oleh masyarakat di pedesaan sebagai tanaman pagar untuk membatasi perkebunan atau tanah. Selain itu, daun dari tanaman ini bisa menyembuhkan sakit maag. Caranya pun cukup mudah, cukup sediakan 3 lembar daun keji beling segar kemudian digunakan sebagai lalapan alias dimakan sebagai teman nasi. Lakukan secara teratur dan hindari makanan pedas dan asam.

Biji Pala

Sama seperti daun salam, biji pala biasa digunakan masyarakat Indonesia sebagai bumbu masak, misalnya soto, sup atau masakan berkuah lainnya. Namun selain fungsinya sebagai bumbu masak, biji pala juga berkhasiat sebagai obat maag tradisional. Jadi jika Anda mengalami sakit maag ambil 1 gram serbuk biji pala, 6 gram serbuk buah pisang batu diseduh dengan 100 ml air bersih. Ulangi pengobatan tersebut selama 30 hari.

Penyakit maag bisa disembuhkan tapi tidak bisa sembuh total. Biasanya sakit maag akan kambuh bila penderitanya mengkonsumsi makanan penyebab asam lambung naik, misalnya makanan pedas, makanan asam dan makanan yang mengandung minyak seperti goreng-gorengan. Terlambat makan dan makan terlalu banyak juga dapat memicu penyakit maag.
Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengobati Sakit Maag Secara Tradisional