Hidup Sehat dengan Cara Alami

Saturday, July 25, 2015

Cara Mengobati Sakit Perut Secara Tradisional


Advertisement

Sakit perut bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Asam lambung yang naik bisa menyebabkan perut bagian atas terasa sakit dan dada seperti terbakar. Perut kembung merupakan sebuah keadaan dimana udara (gas) terlalu banyak berkumpul dalam perut. Sembelit atau susah buang air besar juga menyebabkan perut terasa sakit. Konsumsi susu bagi sebagian besar penderita penyakit maag dapat menyebabkan sakit perut.

Namun yang paling umum, sakit perut ini disebabkan oleh bakteri yang masuk melalui makanan. Contohnya bakteri penyebab diare, E. Colli. Diare sendiri adalah kondisi dimana seseorang mengalami sering buang air besar disertai cairan. Diare merupakan jenis penyakit perut yang cukup berbahaya karena jika tidak ditangani dengan benar, penderita bisa mengalami dehidrasi (kekurangan cairan tubuh).

Kabar baiknya, di Indonesia ini banyak sekali tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengatasi diare. Nah, berikut ini merupakan informasi mengenai cara mengobati diare menggunakan bahan-bahan alami seperti tanaman obat-obatan yang banyak tersedia di sekitar kita. Bahkan sebagian sering dijadikan bumbu dapur.

Jambu Biji Obat Sakit Perut
Perut Sakit
Hampir semua bagian tanaman jambu biji dari mulai daun hingga akar bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan diare. Caranya, ambil 5 lembar daun jambu dan 1 potong akar jambu biji kemudian dicuci hingga bersih. Rebus semua bahan dengan 1,5 liter air. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum dua kali sehari, pagi dan sore. Ramuan ini ampuh mengobati diare dan mencret.

Asam jawa menyembuhkan sakit perut
Selain dapat digunakan untuk obat sariawan dan mengobati sakit pinggang, ternyata asam jawa juga biasa dipakai sebagai obat sakit perut. Caranya, ambil 3 polong buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya. Semua bahan ditumbuk hingga halus, kemudian gosokkan pada bagian perut yang sakit. Hal ini harus diserti dengan obat 0ral.

Buah menggkudu mengatasi sakit perut
Jika untuk menghitamkan rambut kita menggunakan buah mengkudu, untuk mengatasi perut yang sakit kita gunakan daunnya. Caranya, ambil 2-3 helai daun mengkudu kemudian dicuci bersih. Tumbuk hingga halus bersama sedikit garam, kemudian diseduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum.

Sakit perut pada anak karena cacingan
Sepotong belerang sebesar biji asam. Setengah sendok teh jung rahab, sepotong temu hitam sepanjang buku jari tangan, sebuah umbi kecil temu kunci, tiga iris temu lawak, satu sendok teh kayu masoyi, sepotong bengle sepanjang setengah buku jari tangan, sepotong lempuyang wangi sepanjang setengah jari tangan dan lima biji benih adas; kesemuanya ditumbuk halus, dibungkus daun pisang clan dikukus selama lebih kurang sepuluh menit. Cairan yang keiuar diminumkan si sakit. Kalau cairannya yang keluar hanya sedikit, tambahkanlah sesendok air.

Mengobati sakit perut pada waktu haid
Bagi para wanita yang mengalami nyeri pada perut saat haid, gunakan saja ramuan ini untuk menyembuhkannya. Bahan yang harus disediakan adalah 1 rimpang temulawak, 3 buah mata asam jawa, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya. Pertama-tama, temulawak diparut, kemudian direbus bersama bahan lainnya dengan 3-4 gelas air sampai mendidih dan airnya tinggal 2 gelas. Ramuan ini diminum 2 kali sehari masing-masing 1 cangkir, tiap pagi dan sore.

Obat sakit perut anak yang masih menyusui
Jika anak anda yang masih menyusui mengalami sakit perut seperti diare atau mencret, yang meminum obat cukuplah ibunya. Berikut ramuannya yang harus diminum oleh sang Ibu. Ambil daun jambu biji yang masih muda, kemudian dikunyah bersama garam. Airnya ditelan dan ampasnya diibuang. Ingat, semua yang dimakan oleh ibu juga akan dimakan oleh bayi melalui ASI.

Sakit perut memang penyakit yang umum diderita oleh semua orang. Namun, hendaknya kita tidak meremehkan penyakit apapun. Segera konsultasikan ke dokter jika sakit terus berlanjut.
Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengobati Sakit Perut Secara Tradisional