Hidup Sehat dengan Cara Alami

Monday, February 13, 2017

Cara Menghitamkan Rambut Dengan Bahan Alami


Advertisement

Di Indonesia, dimana orang-orangnya dominan memiliki rambut berwarna hitam, punya rambut hitam berkilau, lebat dan sehat adalah sebuah kebanggan. Sekaligus investasi, siapa tahu ada yang melirik kita menjadi bintang iklan produk shampo, hehe.

Namun, pada kenyataannya banyak orang indonesia yang rambutnya kurang hitam, tidak berkilau, kering, kusut, [Cara Merawat Rambut Kering dan Kusut] rontok [Cara Merawat Rambut Rontok] dan masalah rambut lainnya. Nah, berikut ini saya akan memberikan tips bagaimana cara menghitamkan rambut secara alami yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Cara Menghitamkan Rambut dengan Biji Pepaya
Rambut hitam berkilauAmbil biji pepaya secukupnya, bersihkan dan keringkan. Setelah itu, biji pepaya disangrai (digoreng tanpa minyak) hingga gosong. Angkat dan tumbuk hingga halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, aduk hingga merata. Oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala dan rambut sambil dipijat-pijat pelan. Bungkus rambut dengan handuk selama dua jam. Setelah itu bilas rambut dengan air dingin hingga bersih. Lakukan perawatan tersebut secar rutin seminggu sekali untuk hasil yang memuaskan.

Cara Menghitamkan Rambut dengan Kemiri
Selain dipakai sebagai bumbu dapur, kemiri juga berkhasiat untuk menghitamkan rambut. Caranya, siapkan beberapa biji kemiri yang bagus, kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah itu bubuk kemiri disangrai (goreng tanpa minyak) hingga keluar minyak. Oleskan minyak kemiri tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas rambut dengan air hangat.

Daun Pandanwangi
Daun pandan wangi bukan hanya digunakan untuk pengharum masakan, namun juga bisa digunakan sebagai ramuan penghitam rambut. Caranya, ambil 7 lembar daun pandan wangi, kemudian cuci bersih dan dipotong-potong. Rebus dengan 1 liter air hingga warna airnya menjadi hijau. Diamkan air rebusan tersebut di udara terbuka semalaman (diembunkan). Pagi harinya, tambahkan air perasan buah mengkudu masak, pada air rebusan daun pandan. Ramuan tersebut digunakan untuk mencuci rambut setiap pagi. Lakuakn secara teratur 3 kali seminggu.

Perawatan rambut degan daun bandotan
Cuci bersih daun dan batang bandotan segar sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan hasil tumbukan ke seluruh kulit kepala dan rambut. Tutup kepala dengan sepotong kain. Biarkan selama 2-3 jam. Selanjutnya, bilas rambut dengan air dingin.

Jeruk Purut
Cuci 1 buah jeruk purut masak sampai bersih, lalu parut. Tambahkan 1 sendok makan air bersih, lalu remas dan saring airnya. Gunakan air saringannya untuk menggosok rambut setelah keramas.

Merang Padi
Siapkan 2 ikat tangkai buah padi (merang) yang sudah kering dan dimasukkan ke dalam panci atau bejana dari tanah liat. Kemudian merang dibakar sampai semuanya hangus menjadi abu. Tambahkan 1 liter air, lalu
embunkan di udara terbuka semalaman. Ambil air yang bening untuk keramas. Selesai keramas, bilas dengan air perasan 1 buah jeruk purut yang telah masak dan diencerkan dengan 2 gelas air. Kemudian rambut dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Lakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu.

Daun Murbei
Pohon mubei biasa ditanam sebagai pagar dan buahnya suka diambil dan dimakan oleh anak-anak karena mirip dengan stroberi dan rasanya manis. Namun, daun murbei ini bisa digunakan untuk menghitamkan rambut. Caranya, ambil beberapa lembar daun murbei segar lalu dilumatkan atau digiling halus. Gosokkan ramuan daun murbei tersebut ke kulit kepala.

Ternyata banyak sekali cara menghitamkan rambut dengan bahan alami. Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan rambut di salon. Oh, ya baca juga artikel cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami.
Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghitamkan Rambut Dengan Bahan Alami